Mengungkapkan Hal-Hal Yang Menarik Dari Tokoh

Inilah beberapa tokoh idola yang menarik oleh saya yang terdiri dari tokoh sejarahwan, sastrawan, pendidikan, masyarakat, olahraga dan teknologi.

Yuk kita lihat biografinya dan kesan saya terhadap mereka.

 

1. Khairil Anwar

                                               

Biografi Singkat:

Chairil Anwar (lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 – meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun) atau dikenal sebagai “Si Binatang Jalang” (dari karyanya yang berjudul Aku. Ia adalah penyair terkemuka Indonesia. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan ’45 dan puisi modern Indonesia. Dilahirkan di Medan, Chairil Anwar merupakan anak tunggal. Ayahnya bernama Toeloes, mantan bupati Kabupaten Indragiri Riau, berasal dari Taeh Baruah, Limapuluh Kota, Sumatra Barat. Sedangkan ibunya Saleha, berasal dari Situjuh, Limapuluh Kota..

                                                                                                                                                   Kesan: Beliau adalah pengarang yang hebat. Karya-karyanya sangat berkesan dan sungguh bermakna bagi setiap pembacanya. Saya suka dengan karya beliau seperti puisi-puisinya J

 

2. Ismail Marzuki

 

Biografi Singkat :

 Ismail Marzuki (lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mei 1914 – meninggal di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta, 25 Mei 1958 pada umur 44 tahun) adalah salah seorang komponis besar Indonesia. Namanya sekarang diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.  Lagu ciptaan karya Ismail Marzuki yang paling populer adalah Rayuan Pulau Kelapa yang digunakan sebagai lagu penutup akhir siaran oleh stasiun TVRI pada masa pemerintahan Orde Baru.

 

Kesan : Ismail Marzuki merupakan salah satu tokoh sastrawan yang luar biasa. Puisi-puisi dan lagu-lagu yang diciptakannya sangat populer.

 

3. Ki Hajar Dewantara

 Biografi Singkat :

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889  dan  meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal.

Kesan: Perjalanan hidupnya benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Beliau merupakan teladan bagi putra-putri bangsa.

 

4. R.A Kartini

Biogafi Singkat:

Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya).

Kesan :  Beliau merupakan salah satu tokoh pejuang wanita yang patut dibanggakan. Niatnya untuk memajukan kaum wanita patut diacungi jempol. Saya kagum pada beliau  ^.^

 

5. Rio Haryanto

Biografi Singkat :

Nama: Rio Haryanto
Tempat, tanggal lahir: Solo, 22 Januari 1993                                                                                                                                                        
Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 358. Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Sekolah: FTMS Global Singapore
Kewarganegaraan:  Indonesia
Tinggi badan / Berat badan: 168 cm / 60 Kg
Golongan Darah: O

Merupakan seorang pembalap berkebangsaan Indonesia yang kini membalap di ajang GP2 Series bersama tim Carlin, dan pada 2011 GP3 Series bersama tim Marussia Manor Racing dan di Auto GP bersama tim Driot-Arnoux Motorsport (DAMS). Dia mengawali kariernya di balap gokart pada tahun 2002 dengan Juara Nasional Go-kart kelas kadet, dan bertekad untuk menjadi pembalap F1

Kesan : Pembalap muda Indonesia yang patut dibanggakan. Prestasinya dalam mengharumkan nama Indonesia harus didukung. Rio……………………go…..!!

 

6. Markus Horison

Biografi Singkat

Muhammad Haris Maulanaatau Markus Haris Maulana (lahir di Pangkalan Brandan, 14 Maret 1981; umur 31 tahun; sebelumnya dikenal sebagai Markus Horison Ririhina) adalah seorang pemain sepak bola asal Indonesia.Anak dari Julius Ririhina dan Yenny Rosmawati.Posisinya adalah penjaga gawang dan tinggi badannya 186 cm. Di tingkat klub ia memperkuat Persib Bandung yang bermain di Liga Super Indonesia. Sebelumnya ia bermain untuk Arema Indonesia. Markus dikenal memiliki kelebihan dalam menghadapi umpan lambung. Ia pernah terpilih sebagai pemain terbaik turnamen Piala Emas Bang Yos pada tahun 2006.

Kesan : Merupakan kipper andalan Indonesia dalam beberapa turnamen bergengsi. Usahanya untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan amat spektakuler.

 

7. Tan Malaka

Biografi Singkat

Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka (lahir di Nagari Pandam Gadang, Suliki, Sumatera Barat, 2 Juni 1897 – meninggal di Desa Selopanggung, Kediri, Jawa Timur, 21 Februari 1949 pada umur 51 tahun)[adalah Bapak Republik Indonesia, seorang aktivis pejuang kemerdekaan Indonesia, seorang pemimpin sosialis, dan politisi yang mendirikan Partai Murba. Merupakan pejuang yang militan, radikal, dan revolusioner .

Kesan : Beliau salah satu sejarawan yang telah banyak melahirkan pemikiran-pemikiran yang berbobot dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Saya kagum pada beliau  ^.^

 

8. H. Rosihan  Anwar

Biografi Singkat :

H. Rosihan Anwar (lahir di Kubang Nan Dua, Sirukam, Kabupaten Solok, 10 Mei 1922 – meninggal di Jakarta, 14 April 2011 pada umur 88 tahun) adalah tokoh pers Indonesia, meski dirinya lebih tepat dikatakan sebagai sejarawan, sastrawan, bahkan budayawan. Rosihan yang memulai karier jurnalistiknya sejak berumur 20-an, tercatat telah menulis 21 judul buku dan mungkin ratusan artikel di hampir semua koran dan majalah utama di Indonesia dan di beberapa penerbitan asing.

Kesan : Tokoh sejarawan yang telah banyak menuangkan karya tulisnya di beberapa media. Kecintaannya kepada budaya Indonesia patut diteladani.

 

9.Melly Goeslaw

 Biografi Singkat :

 Nama Lengkap: Mellyana
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Tanggal Lahir: Jakarta, 07 Januari 1974

Melly Goeslaw memiliki nama asli Mellyana, lahir pada 7 Januari 1974. Ia adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu populer yang telah mengorbitkan banyak penyanyi.

Kesan : Penyanyi yang amat populer yang telah menciptakan banyak lagu. Lagu-lagunya sangat enak didengar dan sangat berkesan dihati pendengarnya. Saya sangat suka karya-karyanya  >.<

 

10. Erwin Gutawa

 Biografi Singkat:

Erwin Gutawa (lahir di Jakarta, 16 Mei 1962; umur 49 tahun) adalah seorang komponis, konduktor, penata musik, dan bassist asal Indonesia. Gutawa seringkali memproduseri dan menata musik bagi konser-konser musik, di antaranya konser musik Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Chrisye, Titi DJ, dan Kris Dayanti.

 

Kesan : Komponis yang amat luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia.

 

11. Mbah Marijan

 

 

 

Biografi Singkat :

Mbah Maridjan lahir tahun 1927 di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia mempunyai seorang istri bernama Ponirah (73), 10 orang anak (lima di antaranya telah meninggal), 11 cucu, dan 6 orang cicit. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando dari beliau untuk mengungsi.

 

 

Kesan : Seorang Tua yang patut dibanggakan akan kesetiaannya sebagai juru kunci Gunung Merapi hingga akhir hayat hiduypnya.

 

12. Kak Seto

 

Biografi Singkat :

Seto Mulyadi (lahir di Klaten, 28 Agustus 1951; umur 60 tahun) atau biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Seto Mulyadi memiliki seorang saudara kembar laki-laki yaitu Kresno Mulyadi (yang kini juga menjadi psikolog anak di Surabaya) dan kakak dari Maruf Mulyadi.

 

 

Kesan : Kak Seto merupakan sosok yang mempertahakan hak anak-anak bangsa. Kecintaannya kepada anak-anak sungguh mengagumkan ^.^

 

13. Onno W Purbo

 

Biografi Singkat :

Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962; umur 49 tahun) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Enam tahun kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

 

Kesan : Tokoh teknologi yang terus mengikuti perkembangan teknologi dunia untuk meningkatkan kemajuan teknologi di Indonesia. Teruskan usahamu Pak Onno……………>.<

 

14. Roy Suryo