Jaringan Komputer

Jaringan komputer

Jaringan komputer  adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem clientserver, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Berdasarkan skala :

  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

  • Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti http://www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

  • Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

*  Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

*  Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

*  Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

*  Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

*  Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

*  Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

*  Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data

*  Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

*  Jaringan Nirkabel(WI-FI)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

 

 

Perangkat keras

Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

 

 

 

 

Perangkat lunak

 

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.[1][2][3]

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

 

 

 

Program komputer

 

Program komputer (sering kali disebut sebagai program saja) merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Urutan perintah (atau algoritma)merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut,program komputer tak dapat berjalan dengan baik.

Program komputer dikelompokan dalam kelompok low level language ,mid level language dan high level language

 

 

Perangkat-perangkat Komputer

 
Beberapa perangkat komputer yang sering kita kenal adalah:
MOTHERBOARD

Adalah perangkat komputer yang merupakan tempat dimana alat alat elektronik yang lain dari komputer diletakkan. Banyak soket soket pada motherboard, seperti untuk processor, PCI Card dan lain lain. Gambar disamping adalah salah satu motherboard.
MODEM INTERNAL

Adalah perangkat yang berfungsi mengubah sinyal sinyal analog menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya, Modem singkatan dari Modulasi De Modulasi. Pada gambar disamping adalah Modem Internal yang dipasang pada PCI Card di motherboard, pada bagian samping terdapat konektor untuk menguhungkan modem dengan line telepon.

LAN CARD
Gambar adalah gambar LAN Card yaitu sebuah card yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain. LAN Card ini dipasang pada mother board pada slot PCI Card, untuk mengubungkan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain menggunakan kabel UTP yang terdiri dari 8 buah kabel dengan warna warna tertentu, soket yang digunakan adalah soket RJ-45. Untuk jenis Network yang dipilih bisa menggunakan Peer to peer atau menggunakan yang lainnya. Apabila dihubungkan dengan lebih dari dua komputer biasanya membtuhkan alat tambahan yang disebut HUB.

VGA CARD

VGA CARD adalah sebuah kartu atau Card yang digunakan untuk meneruskan informasi dari motherboard menuju ke layar monitor, sehingga menjadi informasi yang dapat dibaca oleh manusia. Pada beberapa jenis komputer sekarang ini biasanya VGA Card sudah OnBoard artinya sudah langsung menjadi satu pada motherboard. Namun ada juga kadang yang tidak On Board.
HARD DISK
Hard disk adalah perangkan penyimpanan atau storage device, yang berkapasitas sangat besar. Hardisk ini biasanya dihubungkan pada Motherboard dengan menggunakan kabel ATA atau SATA. dengan adanya hard disk ini maka kita dapat melakukan penyimpanan data maupun software dalam jumlah yang sangat besar

 

12. Perangkat Lunak Komputer

12.1. Jenis-jenis Software

  • System Software:
    • Operating System (OS) : Windows, MacOS, Linux, BSD, Darwin
    • Programming Languages : asembly, pascal, C, C++, .. perl, php, java
    • System Utility : scandisk, fdisk, ..
  • Application Software
    • Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software
    • Commercial Software / Package Software :
      • wordprocessor,
      • desktop publishing,
      • spareadsheet,
      • database management system,
      • graphics software, dsb
Situs directory (pengelompokan, klasifikasi) software:

12.2. Bahasa Pemrograman

Tahap penyusunan software:

  • Flowchart, algoritma : konsep rencana pemecahan masalah
  • Coding : menuliskan algoritma dalam bahasa program tertentu
  • Compiling: kompilator menterjemahkan bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin yang dimengerti komputer
  • Interpreter: menggunakan virtual machine yang dapat memahami bahasa tingkat tinggi
  • Running : menjalankan program
  • Debugging: memperbaiki kesalahan program

Urutan tersebut tidak baku. Dalam pelaksanaan beberapa tahap digabung, dipertukarkan, atau ditiadakan.

Peserta diharapkan mengerti bagaimana komputer berpikir (secara terstruktur).

12.2.1. Logika Pemrograman

Program Control Structures:

  • Sequential : urut. Setiap langkah dikerjakan satu per satu secara terurut dari langkah awal hingga langkah terakhir.
  • Branch, selection, decision : pencabangan.
  • Loop, iteration, repetition : pengulangan

Dokumentasi program :

  • flowchart
  • pseudocode, algoritma
  • Dokumentasi: cara menulis, mengarsipkan, membuat catatan, keterangan, menyampaikan.
    Dokumentasi BUKAN berarti merekam sesuatu kemudian disimpan untuk dikenang.
  • Trend baru: dokumentasi disertakan dalam file program (source code). Contoh pada perl script, java dan javascript

Contoh Program Flowchart

Flowchart: program sederhana

 

Flowchart program yang menggunakan branch

 

Flowchart program yang menggunakan loop

 

Contoh pseudocode untuk program yang sama dengan flowchart di atas.

Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat

harga = jmlBrg x hrgSat

Cetak nilai harga

Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat

IF jmlBrg > 100 THEN

harga = 90% x jmlBrg x hrgSat

ELSE

harga = jmlBrg x hrgSat

END IF

Cetak nilai harga

Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat

REPEAT WHILE jmlBrg < 10

Cetak pesan "Tidak boleh kurang dari 10"

Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat

END REPEAT

12.2.2. Bahasa Pemrograman Procedure-oriented

Contoh program yang dibuat dengan bahasa pemrograman procedure-oriented (mis: QBASIC)

CLS

INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg

INPUT "Masukkan harga satuan:", hrgSat

harga = jmlBrg * hrgSat

PRINT "Harga yang dibayar:", harga

END

 

CLS

INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg

INPUT "Masukkan harga satuan:", hrgSat

IF jmlBrg > 100 THEN

harga = 0.9 * jmlBrg * hrgSat

ELSE

harga = jmlBrg * hrgSat

END IF

CLS

INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg

INPUT "Masukkan harga satuan:",hrgSat

WHILE jmlBrg < 10

PRINT "Tidak boleh kurang dari 10"

INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg

INPUT "Masukkan harga satuan:",hrgSat

WEND

END

 

12.2.3. Bahasa Pemrograman Object-oriented

OOP mencakup 5 konsep dasar:

1.   Class

2.   Object

3.   Properties / Attributes

4.   Event

5.   Method / Procedure / Operations

Objects memiliki sifat umum:

  • encapsulation: sebuah object merupakan unit yang berdiri sendiri; object mencakup data dan instruksi yang terkait.
  • inheritance : semua karakteristik sebuah class akan dimiliki oleh object yang dibuat berdasarkan class tersebut
  • polymorphism: setiap object dapat memahami dan melaksanakan perintah-perintah yang diterimanya, sesuai dengan sifat object itu sendiri.

12.2.4. Kesalahan Pemrograman

  • syntax error: kesalahan karena penulisan perintah tidak sesuai dengan aturan. (coding, compiling)
    contoh: mau menuliskan PRINT tetapi terketik ORINT (salah ketik, salah ejaan).
  • logical error : kesalahan karena logika pemrograman (algoritma) tidak benar
  • numerical error:
    • original data error : data yang dihitung memang salah
    • truncation error : hitung ((100 / 3) * 3) = 99
    • round off error : hitung ((100 / 3) * 3) = 99,9999
    • propagated error :

12.3. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:

  • text: type face, type size (satuan point = 1/72″), type weight, type style, font
  • numbers
  • pictures
  • sound
  • video

12.4. Hak Cipta Perangkat Lunak

  • Perangkat lunak gratis:
    • freeware
    • public domain
  • Perangkat lunak dengan hak cipta
    • copyrighted software
    • shareware
  • Masalah: software piracy

Tips menyusun algoritma atau flowchart

1.   Baca masalahnya. – tentu saja –🙂

2.   Tentukan input, output, proses. Bayangkan penyelesaian masalah tersebut sebagai sebuah sistem. Proses secara global dapat dianggap sebagai sebuah ‘black box’.

3.   Flowchart untuk membantu melihat (visualisasi) diagram alur kejadian. Jika bingung dengan bentuk gambar node flowchart, abaikan dulu pemilihan bentuknya.

4.   Tulis algoritma, berikan catatan dalam kalimat yang manusiawi jika perlu

Contoh:

Buat algoritma atau flowchart untuk menentukan apakah sebuah bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap.

  • Masalahnya sudah dibaca? Bisakah anda ulangi pertanyaan tersebut dengan kalimat sendiri tanpa harus melihat seluruh cerita?
  • Tentukan:
    • input: sebuah bilangan sembarang, asumsikan input dari sebuah alat input (misal: keyboard)
    • output: pernyataan “bilangan ganjil”, “bilangan genap”
  • proses:
    gimana sih caranya? Bilangan genap: habis dibagi dua. Jika dibagi dua, maka hasilnya adalah bilangan bulat utuh.
    Fungsi apa saja yang sudah tersedia?

 

Simbol-simbol flowchart

  Flow line Arah alur program
  Terminator Awal, akhir program atau proses
  Persiapan, inisialisasi Mengisi harga awal, kondisi-kondisi awal
  Proses Proses perhitungan atau pengolahan
  input, output input atau output data, parameter, informasi lain
  predefined process sub program atau sub proses. proses yang didefinisikan di dalam flowchart lain
  decision Pemilihan langkah
  on page connector penghubung ke bagian lain flowchart di halaman yang sama
  off page connector penghubung ke bagian lain flowchart yang ada di halaman lain

Soal Latihan

1.   Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima (atau bukan).

2.   Bual algoritma untuk menghitung perkalian hanya dengan operator penjumlahan.

3.   Buat algoritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama.

4.   Buat algoritma untuk menentukan jenis akar persamaan kuadrat!

5.   Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika : Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1)

6.   Buat algoritma untuk menghitung faktorial dari suatu bilangan.

7.   Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dengan persamaan Y = X3 – 2X +1. Cobalah untuk nilai dari –10 sampai 10 !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s